Dishub KBB bekerjasama dengan Koperasi Tribuana IV tertibkan Angkot Batujajar ~ Koperasi Tribuana IV
Koperasi Tribuana IV Batujajar "Belanja Dekat dan Lengkap", Kini telah dibuka "Pujasera Tribuana IV" cocok untuk wisata kuliner anda

Dishub KBB bekerjasama dengan Koperasi Tribuana IV tertibkan Angkot Batujajar

BANDUNG BARAT – Sebanyak 228 angkutan kota (angkot) jalur Cililin-Batujajar-Cimareme- Cimahi dan jalur Batujajar- Cimareme-Cimahi, ditertibkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Penertiban ini bekerja sama dengan Koperasi Tribuana IV dengan menempeli stiker jurusan warna biru untuk jalur Cililin-Batujajar- Cimareme-Cimahi dan warna kuning untuk jalur Batujajar- Cimareme-Cimahi. “Sosialisasi dan penertiban jalur angkot ini tujuannya agar angkot termasuk pengemudinya bisa terdata, sehingga bisa menghindari masuknya angkot yang berada di luar jalur,” tutur Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Dishub KBB Panris Permadi kemarin. Dia mengatakan penertiban angkot baru sebatas pada penempelan stiker,pembagian rompi, dan pemberian name card.

Sementara untuk penindakan, sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, kewenangannya ada di pihak kepolisian. Sejak penertiban ini dilakukan pada 2009,hingga saat ini sudah 17 jalur angkot di KBB yang berhasil ditertibkan dengan pemasangan stiker kepada sekitar 600 angkot. “Sebagai bentuk pengawasan, kami menempatkan total sekitar 50 personel di titik-titik seperti Cimareme, Batujajar, Cihapelas, Cililin, termasuk di Padalarang, Rajamandala, Cikalong dan Cipeundeuy,” sebutnya. Pardin menambahkan, pada penertiban kemarin juga dilakukan penurunan penumpang kepada 15 angkot jalur Sthall-Cimahi-Padalarang dan Leuwipanjang-Cimahi-Padalarang.

Sebab, mereka mengambil penumpang dari jalur Cililin- Cihampelas-Batujajar yang bukan jalurnya, sehingga merugikan angkot di jalur yang resmi.Itu dilakukan karena pemilik angkot tersebut berdomisili di wilayah tersebut sehingga sambil berangkat sekalian mengambil penumpang. “Keberadaan angkot yang mengambil penumpang di luar jalur tersebut sering dikeluhkan sopir kepada kami (Dishub). Padahal sesuai aturan,sebelum melintas jalur resminya, pintu angkot tersebut harus tertutup,”tandasnya. Ketua Koperasi Tribuana IV Nuroji menambahkan,seluruh angkot yang berada di bawah naungan koperasi turut ditertibkan dengan ditempeli stiker.

Pendataan juga dilakukan, termasuk sopir cadangan,agar memudahkan pendataan bilamana terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Penertiban ini juga memudahkan penumpang karena secara langsung bisa mengetahui jalur yang dilewati. “Saya berharap jalur Batujajar ini jadi percontohan dengan adanya penertiban ini. Hal ini pun untuk mengeliminasi masuknya angkot ataupun bus karyawan yang tidak ada izin dan menaikkan penumpang di jalur ini,”tegasnya. adi haryanto 

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment